Minggu, 03 Juli 2011

Rumah Adat Telok Serong - Obati Kerinduan Nuansa Bahari

Ingin menikmati hunian tempo doeloe? Sebuah rumah adat Banjar yang asri di Desa Telong Selong Ulu, Desa Martapura Barat, menawarkan nuansa ini. Sensasi masa lampau sarat dengan budaya Banjar terasa di desa sekitar tiga kilometer dari kota Martapura. Di sini, ada dua rumah adat Banjar tipe Gajah Baliku yang diperkirakan usianya 150 tahun. Kedua bangunan tua ini ditetapkan pemerintah sebagai cagar budaya sebagaimana diatur Undang-Undang No 5/1992.

Saat BPost mampir ke rumah ini, akhir puasa lalu, Hj Mulia si empu rumah tengah rehat di sana. Nenek yang mengaku berusia lebih 100 tahun itu dengan santai rebahan di atas kasur, tak jauh dari kelambu khas urang Banjar.

"Aku diam di sini mulai halus. Hanyar wayah ini aku bila siang haja ke sini, kalau malam aku ke rumah kemenakanku (aku sudah tinggal di sini sejak kecil. Baru sekarang aku siang saja di sini, sedang malamnya menginap di rumah keponakan)," ucap Nenek yang masih terlihat sehat ini.

Dari dua rumah itu salah satunya masih dihuni. Selain Nini Mulia ada Acil Majiah yang dengan setia memelihara dan merawat rumah tersebut. Selain itu, ibu berusia 56 tahun itu juga bertugas melayani para pengunjung yang mendatangi situs pariwisata ini. Acil Majiah dengan sabar mengantar BPost mengelilingi rumah Banjar dengan ukuran 9 x 14 m itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar