Minggu, 03 Juli 2011

Ayo Minum Kopi Daun

KOPI daun adalah minuman tradisional masyarakat Tanah Datar dan sekitarnya. Minuman ini terbuat dari daun kopi yang dikeringkan dan cara membuatnya mirip menyeduh teh. Namun wanginya tak bisa ditandingi teh manapun karena aromanya khas dan wangi sekali.

Biasanya minuman kopi daun disajikan istri petani di dangau-dangau tengah sawah di lereng Gunung Marapi saat petani melepas penat. Ditemani makanan kecil seperti goreng pisang,  onde-onde, bika, lapek bugih, atau lapek pisang.

Di Tanah Datarminuman kopi daun ini juga disebut dengan minum "kahwa". Kahwa berasal dari bahasa Arab yang artinya "kopi". Minuman kopi daun ini juga bisa dijumpai di kedai-kedai kecil yang ada di nagari-nagari Tanah Datar. Minuman ini juga nikmat disajikan dengan goring pisang. Menyajikannya juga unik, dalam sayak tempurung.

"Sayak" adalah tempurung  kelapa tua yang sudah dikikis halus dan sudah berwarna hitam permukaannya. Tempurung inilah pengganti cangkir.

Cara membuat kopi daun ini tidak terlalu sulit. Harmayeti, 45 tahun, warga Nagari Sungayang, Tanah Datar kepada PadangKini.com mengatakan, mula-mula dipetik daun kopi yang tidak terlalu tua, juga tidak terlalu muda alias sedang-sedang saja.

"Daun-daun ini dijepit dengan sebilah bambu lalu digantung di atas perapian, dibiarkan berhari-hari di atas perapian kayu bakar hingga kering, bila diremas berbunyi gemerisik, itu tandanya sudah jadi," katanya.

Daun kopi kering ini lalu dimasukkan ke dalam tabung bambu khusus. Ujung bambunya disumpal dengan ijuk sebagai saringan. Kemudian tabung bamboo ini disiram air mendidih. Setelah dibiarkan beberapa saat maka dituangkanlah ke sayak tempurung.

Selesai dan siap dihidangkan. Aroma wangi meruap ke hidung, jauh lebih wangi dari teh. Warnanya kecoklatan dan kental. Kalau diserumput terasa agak pahit seperti teh, tapi wanginya tentu beda. Ada yang menambah minuman ini dengan gula, agar terasa manis. Tapi kata Harmayeti, "Sebaiknya jangan pakai gula, karena cita rasanya akan berkurang."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar