Minggu, 03 Juli 2011

Situs Megalitikum Terungkap di Jayapura

Balai Arkeologi Kota Jayapura, Papua, menemukan situs megalitikum di Kampung Ayapo Baru, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Peneliti dari Balai Arkeologi Jayapura, Hari Suroto, Ahad (3/4), mengatakan situs itu ditemukan di tepi Danau Sentani.

Dari hasil survei, lanjutnya, terdapat empat lumpang batu di situs megalitikum dengan formasi tiga buah lumpang batu mengitari sebuah lumpang sebagai pusatnya. "Lumpang batu adalah sebongkah batu yang diberi lubang berbentuk lingkaran, dengan diameter lubang dan dalam rata-rata 15 sentimeter," katanya.

Dia menilai, pada masa prasejarah, kepercayaan terhadap kekuatan alam yang menguasai kehidupan sangat berpengaruh di Kampung Ayapo. Ini dibuktikan oleh adanya empat lumpang batu yang berfungsi untuk kepentingan upacara religi.

Kekuatan yang dipancarkan oleh alam ataupun oleh arwah nenek moyang yang telah meninggal dunia, diharapkan diperoleh melalui benda megalitikum, dan melalui lumpang batu ini pula arwah nenek moyang diharapkan akan memberikan kesejahteraan kepada mereka yang masih hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar