Minggu, 03 Juli 2011

Adat Istiadat Tak Hilang Oleh Waktu

Budaya juga memiliki sifat yang dinamis, dimana dalam kurun waktu akan mengalami perubahan menyesuaikan zaman. Namun disisi lain, budaya ada yang tidak bisa mengalami perubahan. Demikian disampaikan Inosensius, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat yang juga Pembina DALN pada acara pembukaan Musyawarah Adat Dayak Lebang Nado, yang berlangsung di Dusun Bayur Desa Linggam Permai kecamatan Kayan Hilir, Jumat (01/07/2011).

“Kita tidak bisa membantah kalau teknologi itu sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat adat dimanapun, tak terkecuali masyarakat adat Dayak. Tapi tetap saja ada hal-hal yang tidak bisa dihilangkan seperti tatakrama,” jelas Ino.

Diakui nya juga, bukanlah hal yang mudah untuk melakukan penyesuaian ataupun mempertahankan diri ditengah arus perubahan yang begitu gencar dewasa ini, dimana berbagai sendi kehidupan sudah mulai merasakan arti dari kemajuan zaman. Hanya komitmen dari masyarakatlah yang mampu mempertahankan adat istiadat ditengah derasnya zaman, tanpa perlu untuk menghindarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar