Sabtu, 09 Juli 2011

Pariwisata Gorontalo

Pariwisata di Propinsi Gorontalo dikelompokkan pada 3 jenis usaha pariwisata yaitu usaha pariwisata Pantai, Pariwisata laut dan Pulau serta Pariwisata Alam Pegunungan. Pariwisata Pantai direpresentasikan oleh obyek wisata pantai Bolihutuo (Kabupaten Boalemo) dan Pantai Olele (di Kabupaten Gorontalo). Untuk Obyek wisata laut dan Pulau di wakili oleh obyek wisata Laut Torosiaje (Pahuwato) dan obyek wisata Pulau Saronde. Untuk kategori wisata pegunungan di wakili oleh obyek wisata Taman Nasional Nani Wartabone.


Pemilihan lokasi tersebut dilakukan atas pertimbangan bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan yang berpotensi mendatangkan obyek wisata dalam skala usaha wisata. Obyek wisata lain diharapkan mampu mendukung kawasan tersebut, sehingga mendapatkan multiflier effek dari aktivitas wisata.


Beberapa pertimbangan dilakukan kegiatan pengelompokkan wisata ini atas pertimbangan karakteristik dari lokasi wisata. Dengan demikian, akan terdapat kesamaan bentuk-bentuk investasi wisata. Dalam hal ini pertimbangan dasar yang dijadikan sebagai dasar untuk melakukan analisis adalah kebutuhan investasi dari tiap obyek wisata, yang dapat dilayani oleh investor. Investasi publik yang menunjang pariwisata diharapkan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah seperti prasarana perhubungan (bandara, jalan), fasilitas umum. Sehingga komponen ini tidak menjadi pertimbangan dalam melakukan analisis investasi wisata oleh investor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar