Sabtu, 09 Juli 2011

Bermulanya Minahasa dikenal di Peta Dunia

Simon Kos, seorang Belanda, pejabat VOC di Ternate pada tahun 1630 memasuki tanah Minahasa dibawah pengaruh Spanyol. Kos melaporkan hasil perjalanannya  kepada Batavia yang waktu itu menjadi pusat pemerintahan dibawah kekuasaan  persekutuan dagang, ‘Verenigde Oost-Indiesche Compagnie.?Kos melaporkan  bahwa Sulawesi Utara cukup potensial, baik lahan maupun posisi letaknya strategis sebagai jalur lintas rempah-rempah dari perairan Maluku menuju Asia-Timur. Lagi pula jalur lintas niaga laut lebih tenang bagi pelayaran kapal-kapal kayu dibanding melalui Laut Cina Selatan. Kos melaporkan bahwa  kehadiran Spanyol di Laut Sulawesi hingga perairan Maluku Utara merupakan ancaman bagi kepentingan niaga VOC bila ingin menguasai gudang rempah-rempah  kepulauan Maluku.

Laporan Simon Kos mendapat perhatian dari Jan Pieter Zoon Coen,  Gubernur-Jendral VOC di Batavia yang ingin mengusir Spanyol dari kepulauan Maluku Utara guna melakukan monopoli. Usaha perluasan pengaruh di Laut Sulawesi memperoleh peluang bagi VOC terjadi disaat penduduk Minahasa berjuang menghadapi kolonialisme Spanyol. Minahasa mengalami rawan sosial, dan wanita setempat menjadi korban pemerkosaan dari para musafir Spanyol.

Masa itu VOC memperoleh dukungan dari pemerintahannya yang dilanda trauma  kolonialisme Spanyol di Eropa Utara, termasuk Belanda. Invasi itu menyebabkan  Belanda perang kemerdekaan di pertengahan abad ke-16 yang mashur dengan sebutan Perang 80 tahun. Spanyol kalah, dan kekalahannya berlanjut hingga Asia-Timur dan Asia-Tenggara serta kawasan Pasifik Barat-Daya.
  Selain dengan  Spanyol, Belanda juga memusuhi Portugis yang juga menjadi saingannya dalam  usaha perluasan koloni. Yang terakhir ini juga berlomba adu pengaruh dengan  Spanyol memperebutkan gudang produksi rempah-rempah di Maluku sebelum  pembentukan pemerintahan gabungan Portugis-Spanyol pada 1580.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar