Jumat, 01 Juli 2011

Budaya Tengger Terancam Punah

Budaya Tengger dinilai terancam punah. Penyebabnya, tak sedikit kaum muda Tengger banyak berpenampilan gaul, dan meninggalkan budaya yang diwariskan para leluhur.
Kekhawatiran itu disampaikan Prof DR Iwan Nugroho, seorang peneliti yang juga wakil Rektor Universitas Widyagama Malang, Jawa Timur, Senin (13/6/2011), di Malang, kepada Kompas.com, usai mengisi diskusi tentang Budaya Tengger, bersama 17 tokoh warga Tengger.

"Tak sedikit pemuda generasi warga Tengger sudah berpenampilan gaul. Hal itu bukan hanya dirasakan nonwarga Tengger, tetapi oleh warga terutama para tokoh yang dikagumi di warga Tengger," katanya.
Iwan menjelaskan, para orang tua tak lagi menanamkan budaya dan tradisi Tengger kepada generasi selanjutnya. "Selain itu, generasi muda tak lagi menganggap bahwa budaya yang diwarisi leluhurnya itu, layak untuk dirinya," katanya.

Antisipasinya, kata Iwan, sejak dini para orang tua harus menanamkan tradisi atau budaya yang menjadi kekuatan warga Tengger. "Walaupun anak-anaknya menempuh pendidikan ke kota, tak harus meninggalkan budaya yang menjadi warisan nenek moyangnya,".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar