Selasa, 05 Juli 2011

Ayo Belajar Ke Sawah Lunto

”Tak usah malu belajar ke Sawahlunto” tutur Irwan Prayitno saat Gubernur Sumatera Barat ini berkunjung ke peternakan sapi PT. Lembu Betina Subur (LBS) milik Pemerintah Kota Sawahlunto yang berlokasi di Kawasan Kandih ( 24/6).

Dalam kunjungan kerja pertamanya ke Sawahlunto, tampak Irwan Prayitno mengaggumi peternakan sapi terbesar di Sawahlunto ini sampai-sampai ia menyarankan Edwardi Kepala Dinas Peternakan Sumbar untuk mencontoh kinerja peternakan PT LBS. ”Peternakan ini sangat bagus untuk magang ataupun studi banding bidang peternakan, sapi-sapi yang ada di disini terlihat gemuk-gemuk” ujar Irwan yang juga dijadwalkan mengunjungi perkebunan karet rakyat Bukit Tayeh Talawi dan kelompok ternak Mutiara Kumbayau.

Sementara Alfi Syukri Direktur PT LBS yang juga mantan wakil rakyat ini mengungkapkan bahwa peternakan ini selain menjadi pusat pengembangan peternakan sapi, memang telah menjadi tempat studi lapangan Fakultas peternakan baik dari UNAND dan universitas lainnya. ”Bahkan dinas peternakan beberapa daerah luar Sumbar juga sering studi banding ke tempat ini” ujar Alfi.

Dan pihaknya saat ini sedang kewalahan melayani permintaan bibit sapi dari berbagai daerah. Seperti permintaan dari Pasaman Barat yang memesan 30 ekor sapi dara (bunting). Bahkan pesanan bibit juga datang dari provinsi tetangga. LBS saat ini memiliki 326 ekor sapi betina , termasuk 149 ekor sapi simental siap jual sedangkan manajemen LBS sendiri mempekerjakan 10 orang karyawan dan 2 orang tenaga teknis peternakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar